Rabu, 10 Desember 2014



MAKALAH BAHASA JAWA PARITAN
BAB I
PAMBUKA

Puji syukur tansah kita aturaken dumateng Allah SWT ingkang sampun ngeluberaken sih rahmat-Nya dumateng kita sedaya, sahingga kita saget ngerampungaken makalah kanthi irah-irahan “PARIKAN”.
Rampunge makalah punika mboten lepat saking mawarni pihak mila saking mrikuki tangaturaken panuwun dumateng:
1.      Bapak Djoko Suwono, MSi, ingkang dados KepalaSekolah SMA NegeriJogoroto.
2.      Ibu Kristina S.Pd, ingkang dados Guru BasaJawa SMA NegeriJogoroto.
3.      Kalian sedaya pihak ingkang sampun ngrencangi nyusun makalah niki ngantos  rampung.
Ing sajroning bebrayan lan sajroning pasrawungan urip sastrakuno, salah sawijine inggih menika PARIKAN. Parikan kalebet wontening pagelaran ludruk, inggih menika bab dangdutan (pantun kang isine crita-crita kang lucu).Parikan kang duwe peransosial, inggih menika kanggo ngeraketaken pasrawungan ing masyarakat lan kanggeng aturaken pesan. 
Parikan kuwi rong ukara kang kaya pantun nanging parikan kuwi mung rong larik. Larik kang sepisan kanggo narik kawigaten, lan kepindho minongko isi. Biasane isi parikan kuwi bab-bab kang becik.
Ingkang njeroh makalah iki tasek katah kekurangan lan kelemahan. Enggal menika saran lan kritik kanggeh nyempurnaaken makalah niki sampun ditampi kalian pangripta kalian manahing kang bingah.

PANGRIPTA




BAB II
WOSING PIREMBANGAN
2.1. TEGESE PARIKAN
Parikan punika unèn-unèn kang dumadi seka kaleh (2) ukara. Ukara sepisanan kangge narik kawigatèn, ingkang kapindho minangka isi. Parikan niku kaya pantun nanging mung rong larik. Parikan migunaake purwakanthi swara. Parikan klebet rereganing basa, amargi basa ingkang mawa parikan niku ndamel senenge tiyang ingkang ngaos utawi ingkang mireng. Guneman mawa parikan saget njalari rame nengsemake.
Kang diarani parikan ingkang punika unen-unen mawa paugeran tigang warna inggkang menika :
·         kadedan saka rong ukara kang dhapukake nganggo purwakanthi guru swara
·         saben saukara kadedan saka rong gatra
·         ukara kapisan mung minangka purwaka; déné isi utawa wosé dumunung ing ukara kapindho.
Guane purwaka (ukara kapisan) namung ndamel narik kawigatene tiyang ingkang nedya sikandhani utawi dipituturi. Perlune, supaya ing sederengipun ukara ingkang isi utawi “wose” dikandhakake, tiyang ingkang nedya dipunturi sampun ketarik atine, setemah mantun niku nggatekake, saget ngerti temenan dumateng maksude ukura ingkang isi “ngese” (ukara kapindho).
Parikan ingkang dumateng basa lain inggih menika salah satunggalipun kesenian tradisional ludruk. Ludruk ing saktemenipun tiyang seniman ludruk kedah sanget ndamel parikan ingkang kurangipun kaleh jam. Sakluntinipun parikan kedah selaras kalian kondisi sosial. Dados parikan mboten pareng monoton, spontanitas punika hal ingkang paling ageng dening ndamel parikan ing ludruk. Seniman parikan biasanipun ngamati kondisi masyarakat dening lokasi pertunjukkan ndamel ngerti kondisi lan saget ndamel parikan ingkang spontalitas.



2.2. MACEMIPUN PARIKAN
Manut (cacahing) wandane, parikan punika saget diperangi dados tigo, ingkang menika:
1.      Parikan kan dadadean saka (4 wanda + 4 Wanda) X 2
2.      Parikan kan dadean saka (4 wanda + 8 Wanda) X 2
3.      Parikan kang kadadean saka (8 wanda + 8 Wanda) X 2

2.3. TULADHANE PARIKAN
1.      Parikan kan dadadean saka (4 wanda + 4 Wanda) X 2
Tuladha:
Iwak bandheng, durung wayu
Priya Ngganteng, sugih ngelmu
2.      Parikan kan dadean saka (4 wanda + 8 Wanda) X 2
Tuladha:
Kembang adas, sumebar tengahing alas
Tuwas tiwas, nglabuhi wong ora waras
3.      Parikan kang kadadean saka (8 wanda + 8 Wanda) X 2
Tuladha:
Enting-enting gula jawa, sabungkus isine sanga
Ingatane para siswa, wajib seneng nggubah basa
2.4. PERANANIPUN PARIKAN
Parikan ngadah peranan kangge peliharan basa. Parikan ngadah peranan maleh ingkang menika panjagi fungsi kata lan kesanggupanipun anjagi pola pikir tiyang menika. Parikan saget nglatih tiyang kangge mikir sak derengipun ngendaliaken. Tiyang menika inggih saget mikir asspsiatif minangka saksawijining wanda bisa duweni kaitang dumateng wanda laine.

 

BAB III
PANUTUP

3.1. DUDUTAN
Parikan inggih menika sastra jawa ing digunakake dumateng pementasan ludruk. Cacahe macem-macem ditingali saking wandane lan ngadah fungsi ngeraketaken pasrawungan.

3.2. PARAMYOGI
Parikan inggih menika warisan sangking leluhur ingkang kudu dilestariaken supaya mboten ical ketindes zaman lan kita generasi enom kedah saget njagi warisan kebudayaan jawa salah sawijinipun parikan,

 

DAFTAR PUSTAKA

·         www.google.com
·         www.wikipedia//pantun.com

Rabu, 26 November 2014

Hari yang berat saya lalu kemarin, saat semua menuntut tanpa tahu apa yang menuntut saya. Seolah keegoisan mereka membuat saya harus bersujud dan tunduk dengan segala mantra yang mereka ucapkan. Tuhan... berikan kami hati yang seluas samudra dengan isian kesabaran yang tak terpandang ujungnya. Kali ini saya mengetahui setiap inti dari arti seorang "saudara katanya" ternyta bukan siapa-siapa dan ingat selalu kan terliyang dalam seluruh saraf yang bekerja dalam tubuh ini mereka adalah diktator tanpa perasaan. Bukan Tuhan menciptakan hati dan pikiran harus sejalan, tapi kenapa Engkau wahai manusia yang tak berhati memberikan kejutan yang sangat indah sampai menghancurkan kepercayaan saya tentang arti seorang teman yang kalian sebut saudara. Kalian sungguh makhluk yang tak berdarah. Pengorbanan saya lakukan seakan debu yang terhempas angin tanpa arti dan bekas. Memuakkan memandang wajah yang sok baik dan sok polos dengan semua kebencian kalian dalam balik jas biru dongker yang selalu diagungkan. Ingat kami bukan mesin kami manusia termasuk saya. Dan ingat pula bahwa kami ini bukan boneka yang harus kalian tuntut dengan nama "KOMITMEN"

LOVE HOME

Rabu, 19 November 2014



MAKALAH SISTEM BELAJAR KEBUT SEMALAM
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Bagi orang yang menggeluti dunia pendidikan, tidak akan lepas dengan kegiatan belajar, ya sebuah kata kerja dalam Bahasa Indonesia yang berarti berusaha memeahami sesuatu yang belum kita ketahui, atau dengan kata lain adalah mempelajari sesuatu hal yang baru untuk kita pahami dan kita amalakan. Belajar sendiri merupakan hal  yang wajib dan tidak bisa diisahkan dlam artian merupakan komponen dalm dunia pendidikan. Baik bagi pendidik maupun peserta didik, semuanya masih melakukan bahkan wajib melakukan kegiatan belajar.walaupun antara kedua halnya melakukan belajar dengn hal berbeda, jika pendidik belajar untuk mengenali peserta didiknya, sedangkan peserta didik belajar untuk menerima apa yang disampaikan oleh pendidik mereka.
Bagi setiap bahkan semua peserta didik baik yang bersekolah maupun yang sudah menyandang nama mahasiswa masih perlu belajar untuk membantu mereka menyelesaikan masa pendidikan yang mereka tempuh. Ya, memamng belajar merupakn hal yang wajib dengan kata lain merupakan suatu kewajiban bagi semua peserta didik tanpa terkecuali. Dalam belajar setiap peserta didik mempunyai cara tersendiri, walaupun mereka mempelajari hal yang sama. Perbedaan tersebut terletak pada bagaimana cara mereka atau sistem belajar yang mereka pakai.
System belajar antar peserta didik akan berbeda, hal ini dikarenakan setiap peserta didik punya cara sendiri untuk mempelajari sesuatu (pelajaran) yang menurut mereka itu lebih memudahkan mereka mamahaminya. System belajar banyak sekali macamnya ada sistem menghafal, ada sistem belajar analisis, dan seterusnya. Mulai dari system yang biasa seperti sistem di atas, ada juga sistem yang luar biasa. Mungkin akan timbul pertanyaan dari pernyataan tersebut, sistem belajar seperti apa yang dikatakan luar biasa itu? Hal ini bisa terjadi karena sistem ini merupakan sistem yang banyak diandalkan oleh banyak peserta didik dan merupakan sistem yang dibuat oleh peserta didik itu sendiri yang mempunyai pesebsi bahwa waktu yang mereka punya itu tidak hanya digunakan untuk belajar saja.
Sistem tersebut merupakan cara belajar yang dianggap paling cepat yaitu belajar menjelang ada ujian atau ulangan saja. Sistem ini biasa dikenal dengan sistem belajar kebut semalam, yang artinya mempelajari semua materi yang akan diujikan dalam waktu hanya semalam saja. Jadi belajarnya sangat terburu-buru karena dikejar waktu yang amat sangat singkat. Menurut para peserta didik sistem ini adalah sitem yang paling efektif dan efisien di masa sekarang, karena menurut sebagian dari mereka beranggapan bahwa waktu mereka itu tidak hanya untuk belajar saja tapi digunakan untuk melihat dan menikmati indahnya dunia.
Sudah menjadi kenyataan bahwa sebagian besar bahkan semua peserta didik akan mengamalkan atau menggunakan sistem belajar yang cepat,karena menurut mereka dunia sekarang ini memasuki zaman yang serba instan tanpa ada sebuah proses yang berurutan dan jelas. Dan penyataan itulah yang membuat mereka membuat presepsi bahwa belajar itu juga dibuat instan yaitu dengan membuat suatu sistem balajar yang menurut mereka nyaman tanpa memikirkan apakah sistem yang mereka ciptkan itu dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mendapatkan seusatu bahkan memilikinya dan hanya bersifat sesaat, seperti halnya sistem belajar kebut semalam yang artinya mereka belajar hanya ketika akan dilakukan ulangan ataupun ujian. Mereka tidak memeikirkan apakah sistem yang mereka lakukan itu sudah tepat efisien dan efektif? Yang mereka pikirkan hanya bagaimana saya dapat mengingat pelajaran yang dulu secara fresh.
Jika kita melakukan sebuah observasi ke beberapa peserta didik hampir seluruhnya mengatakan bahwa sistem belajar kebut semlam merupakan suatu sistem yang sangat efektif dan efisien, karena mereka mengganggap ahwa dengan melakukan sistem ini mereka dapat lebih mengingat pelajaran yang mereka pelajari untuk bahan uji. Dan mereka juga beranggapan bahwa sistem belajar mengahafal dan menganalisis merupakan suatu sistem belajar yang sangat bahkan super sulit untuk diterpakan dalam kehidupan kependidikan mereka.
Yang jadi pertanyaan di sini adalah apakah sistem yang seperti itu (sistem belajar kebut semalam) sudah tepat, efektif, dan efisien jika digunakan dalam jangka panjang. Dan apakah ada dampak negative yang akan disebabkan oleh cara belajar tersebut. Dari uraian di atas pemakalah akan menganalisis apakah belajar dengan menggunakan alasan tersebut sudah tepat, efektif, dan efisien serta dampak yang dapat terjadi.
1.2  Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan diangkat dari uraian di atas sebagai berikut:
1.   Apakah belajar itu?
2.   Bagaimana belajar itu bisa terjadi?
3.   Factor-faktor yang mempengaruhi belajar?
4.   Apa yang dimaksud dengan system belajar kebut semalam dan dampak yang bisa terjadi?



1.3  Tujuan
Tujuan dari diangkatnya masalah di atas adalah:
1.    Untuk mengetahui definisi dari belajar.
2.    Untuk mengetahui bagaimana belajar itu bisa terjadi.
3.    Untuk mengetahui factor-faktor saja yang mempengaruhi belajar.
4.    Untuk mengetahui apa itu system belajar kebut semalam dan dampak-dampak yang akan terjadi jika system itu diterapkan.

1.4  Batasan masalah
Di sini pemakalah memberi batasan pada masalahnya yaitu, pemakalah hanya membahas tentang  definisi belajar, factor-faktor yang mempengaruhi belajar, dan apa yang dimaksud dengan system belajar kebut semalam dan dampak-dampaknya.










BAB II
PEMBAHASAN
2.1  APA BELAJAR ITU??
Kalau seandainya ditanyakan apakah belajar itu?, maka jawaban yang kita dapatkan akan bermacam-macam. Hal yang demikian ini terutama berakar pada kenyataan bahwa apa yang disebut perbuatan belajar itu adalah bermacam-macam. Banyak aktivitas-aktivitas  yang oleh hampir dapat disetujui kalau disebut perbuatan belajar, seperti misalnya mendapatkan perbendaharaan kata-kata baru, menghafal syair, menghafal nyanyian, dan sebagainya. Dan ada beberapa kativitas yang tak begitu jelas pakah itu tergolong sebagai perbuatan belajar; seperti misalnya: mendapatkan bermacam-macam sikap social (misalnya prasangka), kegemaran, pilihan, dan lain-lainya. Selanjutnya ada beberapa hal yang kurang berguna yang juga terbentuk pada individu, seperti misalnya tics, gejala-gejala autistic, dan sebagainya, apakah hal-hal yang dikemukakan paling akhir itu tergolong pada hal belajar, sukar untuk dikatakan.
       Dari uraian di atas dapat dipandang sebagai titik-titik yang dapat dipakai sebagai titik berangkat dalam merumuskan definisi belajar. Merumuskan definisi mengenai belajar yang menandai bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Karena itulah maka definisi yang kita jumpai adlah banyak sekali mungkin sebanyak ahli yang merumuskan.
Sebagian besar orang beranggapan bahwa belajar adalah semata-mata mengumpulkan atau menghafalkan fakta-fakta yang tersaji dalam bentuk informasi/materi pelajaran. Orang yang branggapan demikian biasanya akan segera merasa bangga ketika anak-anaknya telah mampu menyebutkan kembali secara lisan (verbal) sebagian besar informasi yang terdapat dalam buku teks ataupun yang diajarkan oleh guru.
Dibawah ini dikemukakan beberapa definisi yang dapat dipakai sebagai data untuk mencari inti pesoalnya (definisi belajar). Cronbach di dalam bukunya Educational Psychology menyatakan bahwa: learning is shown by a chage in behavior as a result of experience[1]. Jadi menurut Cronbach belajar yang sebaik-baiknya adlah dengan mengalami dan dlam mengalami itu si pelajar mempergunakan pancainderanya. Sesuai dengan pendapat ini adalah pendapatnya Harold Spears. Spears[2] menyatakan bahwa: learning is to observe, to read, to imitate, to try something themselves, to listen, to follow direction. Senada dengan apa yang dikemukakan Cronbach di atas itu ialah pendapat Mc Geoh yang menyatakan bahwa: learning is a change in performance as a result of practice[3]. Selanjutnya definisi yang agak lebih eksplisit lagi yaitu dengan menunjuk yang bukan belajar adalah definisi yang dikemukakan oleh Hilgard. Dia memberikan definisi sebagai berikut: learning is the process by which an activity originates or is changed through training procedures (whether in laboratory or in the natural environment) as distinguished from changes by factors not attributable to training[4].
Semua definisi yang telah dikemukakan itu adalah definisi yang berasal dari daerah Anglo Sksis, terutama Amerika Serikat. Untuk lebih lengkapnya kiranya perlu pula dikemukakan definisi yang dikemukakan oleh W. Stern, di dalam bukunya Allgemeine Psychologie. Stern menyatakan bahwa: “learn” ist kennrnisserwerb durch wiedurholte Darbeitungen, yang dalam arti luasnya juga meliputi der Ansignung neur Fertigkeiten durch Wirnderholung die Rede (Stern, 1950:313).
Definisi-definisi yang telah dikemukakan itu diberikan oleh ahli-ahli yang berbeda-beda pendiriannya, berlain-lainan titik tolaknya. Kalau kita simpulkan definisi-definisi tersebut dan juga definisi-definisi lainya maka kita dpatkan hal-hal pokok sebagai berikut:
a)  Bahwa belajar itu membawa perubahan (dalam arti behavioral changes, actual maupun potensial).
b)  Bahwa perubahan itu pada pokoknya adalah didapatkannya kecakapan baru (dalm arti Kenntnis dan Fertingkeit).
c)  Bahwa perubahan itu terjadi karena usaha (dengan sengaja).
Di samping itu, ada pula sebagian orang yang memandang belajar sebagai latihan belaka seperti yang tampak pada latihan membaca dan menulis. Berdasrkan presepsi semacam ini, biasanya mereka akan merasa cukup puas bila anak-anaknya telah mampu memperlihatkan keterampilan jasmaniah tertentu walaupun tanpa pengetahuan mengenai arti, hakikat, dan tujuan keterampilan tersebut. Untuk menghindari ketidaklengkapan presepsi tersebut, berikut ini akan disajikan beberapa definisi presepsi dari para ahli disertai komentar dan interpretasi seperlunya.
Skinner, seperti yang dikutip Barlow (1985) dalam bukunya Educarional Psychology: The Teaching-Leaching Process, berpendapat bahwa belajar adalah suatu proses adaptasi (penyesuaian tingkah laku) yang berlangsung secara progresif. Pendapat ini diungkapkan dalam pernyataan ringkasnya, bahwa belajar adalah “…a process of progressive behavior adaptation”. Berdasarkan eksperimennya, B. F. Skinner percaya bahwa proses adaptasi tersebut akan mendatangkan hasil yang optimal apabila ia diberi penguat (reinforcer).
Skinner, seperti juga Pavlov dan Guthrie, adalah seorang pakar teori belajar berdasarkan proses conditioning yang pada prinsipnya memperkuat dugaan bahwa timbulnya tingkah laku itu lantaran adanya hubungan antara stimulus (rangsangan) dengan respons. Namun patut dicatat bahwa definisi yang bersifat behavioristik ini dibuat berdasarkan hasil eksperimen dengan menggunakan hewan, sehingga tidak sedikit pakar yang menentangnya.
Chaplin (1972) dalam Dictionary of Psychology membatasi belajar dengan dua macam rumusan. Rumusan pertama berbunyi: “…acquisition of any relatively permanent change in behavior as a result of practice and experience” (Belajar adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relative menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman). Rumusan keduanya adalah process of acquiring responses as a result of special practice (Belajar ialah proses memperoleh respons-respons sebagai akibat adanya latihan khusus).
Adapun pengertian belajar secara kualitatif (tinjauan mutu) adalah prose memperoleh arti-arti dan pemahaman-pemahaman serta cara-cara menafsirkan dunia disekeliling siswa, Belajar dalam arti ini difokuskan pada tercapainya daya fikir dan tindakan yang berkualitas untuk memecahkan masalah-masalah yang kini dan nanti dihadapi oleh siswa.
Bertolak dari definisi yang telah diutarakan tadi, secara umum belajar dapat dipahami sebagai tahapan perubahan seluruh tingkah laku individuyang relative menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif. Sehubungan dengan pengertian ini perlu diutarakan sekali lagi bahwa perubahan tingkah laku yang timbul akibat kematangan fisik, keadaan mabuk, lelah, dan jenuh tidal dapat dipandang sebagai proses belajar.
2.2  BAGAIMANA BELAJAR ITU BISA TERJADI??
Begaimanakah belajar itu terjadi, atau kalau dirumuskan cara lain, baimana proses belajar itu terjadi, pastilah telah menjadi bahan pemikiran oleh setiap orang yang memikirkan masalah belajar itu sejak zaman dahulu. Akan tetapi tidak semua orang yang telah memikirkan soal ini telah merumuskan secara eksplisit. Perumusan yang secra jelas yang mula-mula kiranya kita dapatkan pada para ahli psikologi skolastik, yang kemudian dilanjutkan oleh ahli-ahli dari golongan kontra reformasi. Selanjutnya kita dapatkan perumusan yang lebih jelas lagi dari para ahli psikologi daya dan Herbart dan lain-lain ahli psikologi asosiasi.
Menurut pendapat aliran Skolastik, belajar itu pada hakikatnya ialang mengulang-ulang bahan yang harus dipelajari. Ahli-ahli dari golongan kontrareformasi menyatakan bahwa hakikatnya belajar merupakan melanjutkan dan mempertahankan apa yang telah dirumuskan oleh ahli-ahli skolastik, jadi mereka menganggap sebagi ini kegiatan belajar adalah ulangan.
Para ahli dari aliran Psikologi Daya (Vermögenpsychologi, the psychology of faculty) menyatakan bahwa belajar pada hakikatnya mengerjakan sesuatu secara berulang-ulang, jadi daya berpikir akan meningkat kalau pikiran itu berulang-ulang untuk lebih menginggat hal yang diulang-ulang. Jadi menurut ahli psikologi daya ini padan hakikatnya belajar intinya itu juga ulangan.
Herbart menentang pendapat para ahli psikologi daya yang dipandang tidak bersifat ilmiah, kaena psikologi day tersebut tidak dapat menerangkan kehidupan jiwa. Untuk itulah dia mengungkapkann teorinya yang dikenal dengan nama teori tanggapan (Verstellngstheorie). Menurut teori tanggapan inti belajar ialah sama saja yaitu ulangan; ulangan untuk memutuskan tanggapan sesering mungkin ke dalam kesadaran.
2.3  FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR
Belajar sebagai proses atau aktivitas disyartakan oleh banyak sekali hal-hal atau factor-faktor. Factor-faktor yang mempengaruhi belajar itu adalah banyak sekali macamnya, terlalu banyak untuk disebutkan satu persatu. Untuk memudahkan pembicaraan dapat dilakukan klasifikasi demikian:
1)   Factor-faktor yang berasal dari luar diri pelajar, dan ini masih lagi dapat digolongksn menjadi 2 golongan dengan catatan bahwa overlapping tetap ada, yaitu:
1)    Factor-faktor non-sosial
Kelompok factor-faktorini boleh dikatakan juga tak terbilang njumlahnya, seperti misalnya: keadaan uadara, suhu udara, cuaca, waktu, dst.
2)   Factor-faktor social
Yang dimaksud dengan factor-faktor social di sini adalah factor manusia (sesame manusia), baik manusia itu ada (hadir) maupun kehadirannya itu disimpulkan, jadi tidak langsung hadir.
2)   Factor-faktor yang berasal dari dalam diri si pelajar, dan inipun dapat lagi digolongkan menjadi 2 golongan, yaitu:
1)   Factor-faktor fisiologis
Factor ini masih dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu:
·      Keadaan tonus jasmani pada umumnya
·      Keadaan fungsi-fungsi fisiologis tertentu terutama pancaindera
2)   Factor-faaktor psikologis
2.4  SISTEM BELAJAR KEBUT SEMALAM DAN DAMPAKNYA
Pernah dengar istilah SKS? Kalo sahabat anak kuliahan sih pasti ngiranya sistem kredit semester. Tapi SKS sekarang udah punya nama lain yaitu Sistem Kebut Semalam atau Sistem Kebut Sejam(itu sihh saya.. hehehe). Yup, SKS yang satu ini adalah sebuah sistem dimana kita belajar semalam suntuk buat menghadapi ujian besoknya.
SKS alias Sistem Kebut Semalam sering menjadi alternatif utama para pelajar maupun mahasiswa ketika menghadapi ujian semester. Biasanya dilakukan oleh pelajar yang kurang memiliki minat belajar secara rutin. Mereka belajar hanya ketika mau ada ulangan atau ujian sekolah. Semalam suntuk berusaha mati-matian mempelajari materi yang berjubel banyaknya.
Pelajar dan mahasiswa sering panik saat menghadapi ujian, apalagi jika belum sempat belajar. Dari pada pasrah, detik-detik terakhir bisa dimanfaatkan untuk membaca-baca sampai terkadang larut malam, inilah yang sering kita sebut sistem kebut semalam atau lebih akrab kita panggil SKS, karena dalam kondisi panik otak lebih mampu mengingat dengan baik. Situasi panik saat menghadapi ujian dapat memicu pelepasan hormon stres yakni kortisol dan adrenalin. Kedua hormon ini diyakni mampu mengubah mekanisme kerja hipokampus, bagian otak yang mengatur daya ingat dan kemampuan mempelajari sesuatu.
Perubahan mekanisme yang disebut epigenetic modification ini membuat susunan rantai Deoxyribo Nuceic Acid (DNA) pada hipokampus seperti diprogram ulang. Jika biasanya sulitmengingat atau memahami sesuatu, maka segalanya bisa tampak lebih mudah ketika sedang panik.
Sebuah riset mengatakan, mempelajari banyak materi dalam waktu semalam bisa jadi kurang efektif – setidaknya jika ingin pengetahuan baru tersebut bisa bertahan lama dalam otak kita. Sejumlah studi telah mengungkapkan bahwa mengatur waktu belajar dalam periode tertentu jauh lebih eferktif ketimbang menumpuk semuanya sekaligus dalam satu sesi belajar.
Riset Pertama :
Dr. Doug Rohrer, pemimpin riset dari University of South Florida dan koleganya, Dr. Harold Pashler dari University of California, San Diego, AS, meninjau beberapa studi tentang pengaruh pengaturan waktu terhadap kemampuan mempertahankan informasi baru. Dikatakan, orang-orang yang belajar satu topik secara berlebihan mungkin bisa mendapatkan nilai bagus ketika diujikan dalam waktu dekat, namun nilai itu akan menurun ketika diujikan beberapa minggu atau beberapa bulan kemudian.
Hal ini bisa jadi karena otak kita bosan terhadap satu topik yang selalu kita ulang dan pelajari, lebih baik jika sahabat muda tongkol mempelajari beberapa topik dan melakukan pengulangan secara berkala. Biar pengetahuan baru kita bisa awet di dalam otak, tim Dr. Rohrer berhasil menemukan sebuah cara jitu atas permasalahan ini. Jika kita akan menghadapi ujian dalam 10 hari kedepan. Beri selang satu hari diantara sesi belajar. Namun jika ingin mempertahankan informasi tersebut selama 6 bulan, beri selang satu bulan, baru ulangi pelajaran tersebut.
“Kita sering mengalami, kenangan pahit di masa-masa sulit kadang lebih membekas dibandingkan kenangan-kenangan indah,” ungkap Prof Hans Reul, ahli neurologi dari University of Bristol seperti dikutip dari Telegraph, Senin (2/5/2011).

Riset ke Dua :
Dalam sebuah penelitian di jurnal Experimental Neurology, Prof Reul mengatakan faktor stres yang dialami oleh seseorang menyebabkan kenangan-kenangan buruk lebih mudah diingat. Mekanisme yang sama juga terjadi saat panik, misalnya saat belajar semalam suntuk menjelang ujian.
Tidak semua pelajar dan mahasiswa bisa sukses dengan cara belajar yang serba mendadak, namun Prof Reul mengatakan hasilnya bisa lebih efektif jika seseorang mampu mengelola stres. Artinya, orang tersebut harus tetap fokus meski sedang panik. Selain itu, mekanisme epigenetic modification hanya muncul sekali waktu dan tidak akan efektif jika setiap saat selalu panik. Makin sering menghadapi stres, otak akan beradaptasi sehingga lama-kelamaan kemampuan mengingatnya tidak akan terpengaruh lagi.
Jadi, SKS ini ternyata tidak efektif untuk dilakukan. Bayangkan aja, dalam waktu satu malam mahasiswa atau pelajar harus mengingat semua materi, mending kalo yang diingat hanya beberapa lembar kertas, tapi kalo satu buku?
Kesimpulannya, pelajari materi itu jauh-jauh hari sebelum ujian tiba. Caranya dengan mempelajari materi sedikit demi sedikit dan mengulanginya secara continue, sama dengan peribahasa sedikit sedikit lama-lama menjadi bukit. Jika menemukan materi yang sulit dipahami, jangan sungkan untuk menanyakannya pada guru atau senior kita. Paling penting jangan lupa juga berdoa, agar diberi kemudahan untuk mengerjakan setiap soal dengan baik.
SKS punya sisi positif, yaitu:
Sedangkan dampak positif dari system kebut semalam adalah siswa menjadi lebih serius dalam mempelajari dan memahami materi yang akan diujiankan, walaupun hanya dalam semalam.Jika teman-teman juga pernah mengalami hal yang sama. Mari bersama-sama kita tinggalkan cara ini. Karena cara ini hanya akan menghambat kita untuk meraih prestasi yang lebih tinggi, bahkan tertinggi.Jadi, pelajari materi itu jauh-jauh hari sebelum ujian tiba. Caranya dengan mempelajari materi sedikit demi sedikit dan mengulanginya secara kontinue. Jika menemukan materi yang sukar dipahami jangan sungkan tuk menanyakannya pada guru atau senior kita. Agar kita paham setiap materi yang kita pelajari. Yang terakhir dan paling penting jangan lupa tuk senantiasa berdoa kepada Sang Pemberi Kemudahan, agar kita diberi kemudahan tuk mengerjakan setiap soal dengan baik. Baiklah, selamat mencoba, semoga sukses dalam menempuh ujian semester atau ujian nasional.
SKS juga punya sisi negatifnya yaitu:
Peringatan ini penting buat pelajar atau mahasiswa yang baru mau belajar semalam suntuk jika esok hari ada ujian. Waspadalah, sistem belajar kebut semalam akan membuat otak panik yang jika terus-terusan bisa berdampak pada gangguan memori. Gaya belajar kebut semalam membuat fungsi otak terganggu karena otak menjadi kelelahan dan tidak bisa menerima rangsangan dari luar. Hal ini karena jadwal otak yang harusnya istirahat tapi dipaksa semalaman untuk terus bekerja, padahal saat jadwalnya tidur otak mendapatkan protein untuk kinerjanya.
Jika seseorang terus menerus belajar semalaman maka ia akan kurang tidur yang berdampak pada gangguan memori dan mengganggu kerja dari otak. Kondisi otak yang kurang istirahat ini akan memberikan dampak buruk pada tubuh seperti cemas, gelisah, stres, kurang konsentrasi serta menurunkan sistem kekebalan tubuh. Serta memicu kelenjar di otak untuk merangsang kortisol menjadi hiperaktif. Kortisol adalah hormon stres yang bila jumlahnya berlebih dapat memicu gangguan-gangguan psikis.
Jika kondisi ini terus menerus terjadi bisa membuat seseorang menjadi insomnia yang nantinya mempengaruhi kondisi kesehatan baik secara fisik maupun psikis, serta membutuhkan penanganan khusus agar bisa mengembalikan kualitas tidurnya.
Gaya belajar seperti itu mungkin bukan yang terbaik untuk pelajar dan mahasiswa karena tidak memberikan manfaat bagi otak. Untuk itu seseorang harus mengubah cara belajarnya agar menjadi lebih efisien dan efektifSalah satu cara terbaik dalam belajar adalah mengulang, mencicilnya sehingga tidak bertumpuk serta tidak menunda-nunda pelajaran.
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar belajar lebih efektif yaitu:
1)        Jika memiliki banyak aktivitas di luar sekolah, cobalah belajar mengelola waktu sehingga pendidikan tidak dikorbankan.
2)        Cobalah untuk menulis kembali catatan dari kelas di rumah, hal ini akan membantu otak mengingat kembali pelajaran di kelas sehingga membuat otak lebih mudah menyimpannya sebagai memori.
3)        Buatlah catatan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami, catatan yang dimiliki tidak harus rapi tapi yang penting bisa dimengerti dengan baik.
4)        Jika ada sesuatu yang mengganggu pikiran, cobalah untuk mengajukan pertanyaan di kelas dan membuat catatan.
5)        Buatlah rangkuman mengenai hal-hal penting ke dalam catatan kecil setiap selesai satu bab pelajaran sehingga lebih mudah untuk dipelajari.
6)        Cobalah mengetes diri sendiri tentang materi-materi yang sudah dipelajari. Hal ini baik untuk meningkatkan kemampuan mengingat dan memperbaiki kelemahan yang dimiliki.








BAB III
PENUTUP
3.1  KESIMPULAN
Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa belajar dalam arti ini difokuskan pada tercapainya daya fikir dan tindakan yang berkualitas untuk memecahkan masalah-masalah yang kini dan nanti dihadapi oleh siswa. Dan yang dimaksud dengan belajar itu sendiri merupakan kegiatan mengulang-ulang suatu hal (pelajaran) dengan tujuan untuk mengingat-ingat dalam artian ulangan.
Factor yang mempengaruhi belajar adalah sebagai berikut:
a.       Factor-faktor yang berasal dari luar diri pelajar, dan ini masih lagi dapat digolongksn menjadi 2 golongan dengan catatan bahwa overlapping tetap ada, yaitu:
1) Factor-faktor non-sosial
Kelompok factor-faktorini boleh dikatakan juga tak terbilang njumlahnya, seperti misalnya: keadaan uadara, suhu udara, cuaca, waktu, dst.
2) Factor-faktor social
Yang dimaksud dengan factor-faktor social di sini adalah factor manusia (sesame manusia), baik manusia itu ada (hadir) maupun kehadirannya itu disimpulkan, jadi tidak langsung hadir.
b.      Factor-faktor yang berasal dari dalam diri si pelajar, dan inipun dapat lagi digolongkan
Ragam factor dan unsure-unsurnya
Internal siswa
Eksternal Siswa
Pendekatan
1.      Aspek fisiologis:
a.    Tonus jasmani
b.    Mata dan telinga
2.      Aspek osikologis:
a.    Inteligensi
b.    Sikap
c.    Minat
d.   Bakat
e.    Motivasi
1.      Lingkungan social
a.    Keluarga
b.    Guru dan staf
c.    Masyarakat
d.   Teman
2.      Lingkungan non-sosial:
a.    Rumah
b.    Sekolah
c.    Peralatan
d.   Alam
1.      Pendekatan tinggi
a.    Speculative
b.    Achieving
2.      Pendekatan menengah
a.    Analytical
b.    Deep
3.      Pendekatan rendah
a.    Reproductive
b.    Surface

Sistem Kebut Semalam sering menjadi alternatif utama para pelajar maupun mahasiswa ketika menghadapi ujian semester. Biasanya dilakukan oleh pelajar yang kurang memiliki minat belajar secara rutin. Mereka belajar hanya ketika mau ada ulangan atau ujian sekolah. Semalam suntuk berusaha mati-matian mempelajari materi yang berjubel banyaknya. Dalam system ini terdapat dampak positif dan negatifnya.
3.2  SARAN
Makalah ini masih jauh dari sempurna. Penulis menyarankan bagi para pembaca. Diharapkan setelah adanya makalah ini, para pembaca dapat menggunakan maklah ini sebagai acuan untuk meneruskan makalah ini lebih lanjut.



DAFTAR PUSTAKA
·         Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
·         Suryabrata, B.A., M.A, Ed.S., Ph.D., Drs. Sumadi.2007.Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: PT Raja Grafindo Persada
·         http://akibat-belajar-sks-sistem-kebut-semalam.html
·         www.google.com
·         EXCACT CLASS SMA N 1 Lingga // 20:21.html
















TUGAS PENGANTAR PENDIDIKAN
BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM KEBUT SEMALAM


Di susun oleh:
Ida Safitriah              (1251259)


PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA 2012-B
SEKOLAH TINGGI ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PGRI JOMBANG
TAHUN AJARAN 2012/2013






 
KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas terselesainya makalah. Makalah ini dibuat untuk membantu para pembaca mengetahui lebih jelas bagaimana belajar dengan menggunakan sistem kebut semalam.
            Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang secara langsung atau pun tidak langsung terlibat dalam penyusunan makalah ini.
            Oleh karena itu, diharapkan para pembaca memaklumi apa yang kami lakukan. Kemungkinan Anda ragu atau tak ragu mengikuti bahan ajar kami, itu merupakan bukan masalah bagi kami, dan ini semua bukan kesalahan dari buku atau literatur, sumbernya dan lain-lain. Melainkan hanya keterbatasan kami untuk mengelola dari sumber-sumber yang akurat tersebut.
            Akhir kata, penulis menyadari bahwa makalah ini belum sempurna. Untuk itu saran dan kritik akan penulis hargai.



Jombang,    Januari 2013 

Penulis





                                                                    


Oval: ii

DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
KATA PENGANTAR...................................................................................... ii
DAFTAR ISI...................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................. 1
1.1  Latar Belakang................................................................................... 1
1.2  Rumusan Masalah.............................................................................. 3
1.3  Tujuan................................................................................................. 4
1.4  Batasan Masalah................................................................................. 4
BAB II PEMBAHASAN................................................................................... 5
2.1 Apa Belajar Itu??................................................................................ 5
2.2 Bagaimana Belajar Bisa Terjadi??...................................................... 8
2.3 Faktor Yang Mempengaruhi Belajar.................................................. 9
2.3 Sistem Belajar Kebut Semalam dan Dampaknya.............................. 10
BAB III PENUTUP.......................................................................................... 16
3.1 Kesimpulan........................................................................................ 16
3.2 Saran.................................................................................................. 17
DAFTAR PUSTAKA






Oval: iii


Oval: iii
 



[1] Cronbach,1954:47
[2] (1955:94)
[3] Dalam Skinner, 1958:109
[4] Hilgard, 1948:4